Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • DPP APINDO PROVINSI KALTARA
blog-img-10

Posted by : Administrator

UMKM Kaltara Tampil di Apindo Jatim Expo dan UMKM Fair 2024

UMKM Kaltara Tampil di Apindo Jatim Expo dan UMKM Fair 2024

SURABAYA - Dewan Pengurus Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP Apindo) Kalimantan Utara membuktikan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan UMKM lokal Kaltara go nasional dan go internasional. Ini dibuktikan Apindo dengan mengikutsertakan sejumlah produk lokal dan karya kreatif lokal khas Kaltara di event Apindo Jatim Expo dan UMKM Fair 2024 yang berlangsuung 28-30 Agustus 2024, di Hotel Novotel Samator Surabaya.
"Sesuai program Apindo secara nasional, Ibu Ketua Umum sangat peduli terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia. Sebab pertumbuhan UMKM yang baik di semua daerah, akan menciptakan iklim usaha yang kompetitif dan menambah lapangan pekerjaan," kata Piter Setiawan, Ketua DPP Apindo Kaltara di sela-sela Rakerkonas Apindo XXXIII Surabaya Jawa Timur.
Hal senada disampaikan Ketua Umum Apindo, Shinta W. Kamdani saat membuka Apindo Jatim Expo dan UMKM Fair 2024 di Surabaya. Dikatakan Shinta, saat ini di dunia industri terjadi pergeseran yang luar biasa dari padat karya ke padat modal. "Dan yang harus kita apresiasi, pada saat covid melanda Indonesia justru UMKM yang bisa bertahan," ujar Shinta.
Untuk itu, yang menjadi salah satu konsen Apindo saat ini adalah tidak hanya menjaga agar UMKM di Indonesia tetap sustainabel, tapi juga naik kelas.
"Dari hasil survei, di urutan nomor satu yang menjadi tantangan UMKM saat ini adalah akses permodalan. Kedua adalah akses pasar. Tantangan ketiga adalah akses inovasi dan teknologi untuk pengembangan market UMKM," ungkap Shinta.
Sampai saat ini, lanjut Shinta, Apindo komitmen untuk terus mendukung ekosistem UMKM Indonesia terus bertumbuh. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah melalui program UMKM Merdeka.(ckr/01)